HOW TO CREATE A GREEN AND LEAN WAREHOUSE

HOW TO CREATE A GREEN AND LEAN WAREHOUSE

 Serella Hotel, Bandung, , pkl. 09.00-14.00 WIB

 

Selama bertahun-tahun, gudang (warehouse) merupakan bangunan monokromatik kaku yang paling mudah dibayangkan.  Namun era kini    telah berubah. Pada sebagian tempat di dunia, beberapa Distribution Center (DC) telah     bergerak ke arah ‘menghijau’ atau go green.  Pelaksanaan aksi nyata menuju go green ini, beberapa perusahaan fokus menggunakan    recycle materials untuk konstruksi warehouse atau peralatannya. Namun, ada juga dengan cara meningkatkan kualitas udara di dalam warehouse yang bertujuan meningkatkan    produktivitas dan daya tahan karyawan. Aksi ini sejalan dengan pendapat bahwa aspek penting bila ingin ‘menghijaukan’ supply chain di        perusahaan adalah dengan memperbaiki hal-hal yang berhubungan dengan peningkatan  produktivitas, yang selalu menjadi tujuan utama Supply Chain Management.

Perlu untuk disampaikan bahwa inisiasi supply chain perusahaan untuk ‘menghijaukan gudang’ atau greening warehouses merupakan fenomena gunung es, mengingat ciri utama supply chain penuh dengan banyak bagian yang bergerak dan semuanya,         termasuk warehouse, perlu dilakukan evaluasi secara keseluruhan untuk memahami dan memperbaiki pengaruh dampak lingkungannya.  Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan konsep lean thinking.Lean merupakan pendekatan  sistematik untuk menghilangkan pemborosan (waste) atau aktivitas-aktivitas yang tidak bernilai tambah (non-value added) melalui continuous improvement dengan cara mengalirkan produk dan informasi     sesuai kebutuhan pelanggan. Lean thinking   merupakan suatu konsep yang diadaptasi dari Toyota Production System (TPS), kemampuan Toyota dalam memangkas waktu dan segala aktivitas yang terkait dalam proses produksinya menginspirasi pelaku    industri untuk menggunakan konsep tersebut. Lean berpedoman tidak hanya pada teknik-teknik atau alat-alat saja, tetapi lean juga mengerjakan sesuatu hal dengan cara yang sederhana     dan seefisien mungkin, dengan tetap memberikan kualitas baik dan  pelayanan yang cepat dan tepat.

TUJUAN , MANFAAT DAN SASARAN PELATIHAN

1. Menyusun perencanaan operasi pergudangan

2. Meningkatkan produktivitas pergudangan

3. Meningkatkan peran gudang

4. Mewujudkan green dan lean warehouse

MATERI PELATIHAN

  1. Logistics and Supply Chain Management
  2. Principles of Warehouse Operations
  3. Lean Thinking and Lean Warehousing
  4. Area of Waste : Transportasi; Inventory; Movement; Waiting; Overproduction/ Over processing; Cacat/Defects; Space
  5. Lean Solution
  6. Green Warehouse Stage 1 : Improve     Energy Efficiency : Warehouse              Temperature, Warehouse Lighting;       Mechanical Handling
  7. Green Warehouse Stage 2 : Harness Green Energy
  8. Green Warehouse Stage 3 :  Design Sustainability into buildings

 TRAINER

1. DR. RIENNA OKTARINA, ST, MT.  (Konsultan Bid.Logistik & Balanced Scorecard; Anggota Tim Forum Logistik 

    Penanggulangan Bencana    Indonesia)

2. NISSA  SYIFA   PUSPANI, S.T., M.T             (Staf Pengajar Teknik Industri Universitas   Widyatama Bandung)

3. BAMBANG RIZNANTO, ST, MT (Kasubag Program Badan Penelitian dan Pengembangan Industri,       Kementerian     Perindustrian)

BIAYA PELATIHAN

 Normal Rp. 4.250.000- /peserta

Group : Rp. 4.000.000/ peserta (min 2 org dari satu perusahaan)

Biaya training dapat ditransfer ke Bank  Bukopin Cab. MT. Haryono  Rek. No. 1000 112 425 an.  PT. Multikreasi Edutama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>