Humanitarian Logistics : How to Estimate The Emergency Goods to Support Relief Operations

HUMANITARIAN LOGISTICS: HOW TO ESTIMATE THE EMERGENCY GOODS

TO SUPPORT RELIEF OPERATIONS

 

Bencana dapat menyebabkan gangguan serius terhadap keberfungsian suatu masyarakat sehingga menyebabkan kerugian yang meluas pada kehidupan manusia dari segi materi, sosio-ekonomi, menyebabkan korban meninggal dan terluka, dan menyebabkan kerusakan fisik atau lingkungan. Aktivitas yang paling penting dan harus segera dilakukan setelah terjadi bencana yang merusak pada umumnya adalah membantu dan menyelamatkan jiwa korban dengan cara melakukan live-saving operations untuk seluruh korban yang luka-luka dan membutuhkan pelayanan medis dengan tujuan untuk pengurangan risiko terhadap korban. Pengurangan risiko terhadap korban tidak hanya memberikan pelayanan medis saja, melainkan juga harus menjamin terpenuhinya kebutuhan pokok para korban yang diberikan secara tepat, cepat dan akurat.

Tahapan emergency response dalam manajemen bencana harus didahului dengan aktivitas demand management, agar respon dapat dilakukan dengan cepat, tepat dan akurat. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkan respon yang cepat, tepat dan akurat adalah mengestimasi jenis dan jumlah kebutuhan barang bantuan tanggap darurat bencana, agar pada saat terjadi bencana gempa bumi barang bantuan telah terdefinisi dengan baik dan siap untuk dikirimkan ke lokasi bencana. Proses prediksi terhadap jenis dan jumlah kebutuhan barang bantuan dapat dilakukan bila telah dilakukan prediksi terhadap jumlah bangunan yang rusak dan jumlah korban terluka (damage prediction and casualties prediction).

Pelatihan yang ditawarkan menekankan pada bagaimana memprediksi jenis dan jumlah barang bantuan yang harus disiapkan dalam aktivitas tanggap darurat bencana dalam upaya untuk meringankan penderitaan yang dialami serta menjamin terpenuhinya kebutuhan para korban bencana.

TUJUAN, MANFAAT & SASARAN:

-        Memahami humanitarian logistics

-        Memahami perbedaan humanitarian vs commercial logistics

-        Meningkatkan layanan tanggap darurat bencana

-        Mampu melakukan perencanaan logistics tanggap darurat bencana

-        Meningkatkan akurasi prediksi jenis dan jumlah barang bantuan tanggap darurat bencana

 

MATERI PELATIHAN

Materi pelatihan terdiri atas 6 materi yang disampaikan dalam 8 sesi pelatihan sebagai berikut:

  1. Manajemen Bencana
  2. Humanitarian Logistics
  3. Humanitarian Logistics vs Commercial Logistics
  4. Perencanaan Logistik Tanggap Darurat Bencana
  5. Barang Bantuan Tanggap Darurat Bencana
  6. Model Prediksi Persediaan Barang Bantuan Tanggap Darurat Bencana
  7. Simulasi

Durasi : 2 hari, Fullday

TRAINER :

  1. DR. RIENNA OKTARINA, ST, MT.

Menyelesaikan Program Sarjana di Jurusan Teknik Industri – Universitas Widyatama, Program Magister bidang Supply Chain di Jurusan Teknik Industri Institut Teknologi Bandung dan Program Doktor bidang Supply Chain di Jurusan Tehnik dan Manajemen Industri Institut Teknologi Bandung (2016). Saat ini menjabat sebagai Direktur Unit Manajemen Strategis serta  menjadi staf pengajar mata kuliah Manajemen Pergudangan dan Penanganan & Pengemasan Barang di Universitas Widyatama. Sejak tahun 2014, Beliau menjabat sebagai Anggota Tim Forum Logistik Penanggulangan Bencana Indonesia.

Konsultan bidang logistik serta Balanced Scorecard di beberapa perusahaan dan instansi Pemerintah.  Instruktur pada sejumlah training: fundamental of logistics management, distributions system, material handling systems, warehouse management, Auditing Warehouse Performance dan balanced scorecard. Aktif sebagai peneliti dan pemakalah seminar nasional dan internasional di bidang logistik (khususnya logistik penanggulangan bencana), distribution system, dan warehousing.

2. EKO BINARSO

BIAYA PELATIHAN 

Normal Rp. 4.500.000- /peserta

Biaya training dapat ditransfer ke Bank Bukopin Cab. MT. Haryono  Rek. No. 4202200506 an.  PT. Multikreasi Edutama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>